Powered by Blogger.

Tips Menjaga Kesehatan Mata


Mata merupakan bagian penting dari kesehatan serta aset yang paling berharga dalam hidup. Ada banyak hal yang dapat di lakukan untuk menjagaagar mata tetap sehat dan selalumendapatkan kualitas penglihatan yang terbaik. Berikut akan dijelaskan secara singkat langkah-langkah sederhanaagar mata anda tetap sehat.

Kenali riwayat kesehatan keluarga


Bicaralah dengan anggota keluarga tentang riwayat kesehatan mata mereka. Sangat penting untuk mengetahui apakah ada anggota keuarga yang telah didiagnosis penyakit mata keturunan. Hal ini akan membantu untuk menentukan apakah Anda berada pada risiko tinggi terkena penyakit mata atau tidak.

Makanan yang tepat untuk melindungi mata


Semua dari kita pasti pernah mendengar bahwa wortel baik untuk mata. Tidak hanya wortel, buah-buahan dan sayuran yang berdaun hijau gelap, seperti bayam, kangkung, atau sayuran lainnya adalah juga penting untuk menjaga kesehatan mata. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan ikan tinggi omega-3, seperti salmon, tuna, dan ikan pecak juga bermanfaat bagi kesehatan mata.

Menjaga berat badan ideal


Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan resiko terkena diabetes dan kondisi sistemik lainnya, yang dapat menyebabkan menurunnya daya pandang mata, seperti penyakit mata akibat diabetes atau glaukoma. Jika Anda mengalami kesulitan menjaga berat badan yang sehat, bicaralah dengan dokter Anda.

Pakailah kacamata pelindung


Pakailah kacamata pelindung saat bermain olahraga atau melakukan kegiatan di luarrumah. Kacamata pelindung sebaiknya yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan dalam aktivitas tertentu. http://alatperagakesehatan.net/harga-phantom/ Kebanyakan lensa kacamata pelindung terbuat dari polycarbonate, yaitu 10 kali lebih kuat dari plastik lainnya. Banyak penyedia perawatan mata menjual kacamata pelindung seperti itu, toko olahraga misalnya.

Salahsatu kacamata pelindung yang popular adalah sunglasses yang berguna untuk melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet matahari. Ketika membeli sunglasses,carilah yang perlindungannya 99 hingga 100 persen dari radiasi UV-A dan UV-B.

Berhenti merokok atau jangan pernah memulai


Merokok merupakan kebiasaan yang sangat buruk, baik itu bagi mata, maupun bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penelitian telah menghubungkan merokok dengan peningkatan risiko penyakit mata akibat degenerasi, katarak, dan kerusakan saraf optik, yang semuanya itu dapat menyebabkan kebutaan.

Istirahatkan Mata Anda


Jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau fokus pada satu hal, Anda kadang-kadang lupa untuk berkedip dan mata Anda bisa lelah. Cobalah aturan 20-20-20: Setiap 20 menit, lihatlah benda yang jauh (sekitar 20 meter di depan Anda)selama 20 detik. Hal ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata.

Cuci tangan dan lensa kontak dengan benar


Untuk menghindari risiko infeksi, selalu cuci tangan dengan bersih sebelum memasukkan atau mengambil lensa kontak. Pastikan untuk mensterilkan lensa kontak seperti yang diperintahkan dan menggantinya sesuai aturan.

Keselamatan dan Kesehatan Mata di tempat kerja



Ketika kacamata pelindung diperlukan sebagai bagian dari pekerjaan, biasakanlah untuk menggunakannya dan doronglah rekan kerja Anda untuk melakukan hal yang sama.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Mata"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top