Powered by Blogger.

Makanan Sehat Keluarga

Makanan Sehat Keluarga - Keluarga sehat dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi atau keadaan yang sejahtera baik dari segi dari fisik, mental, dan sosial yang kemudian memungkinkan sebuah keluarga yang utuh (terdiri dari individu-individu yang dipimpin oleh seorang kepala keluarga yang tinggal dalam satu lingkungan) agar dapat hidup normal secara sosial dan ekonomi.

Dalam keluarga terjadi hubungan multi-fungsional, dimana di dalamnya terjadi banyak interaksi dalam keluarga. Interaksi atau hubungan yang terjalin antara lain adalah hubungan orangtua dan anak, adik dan kakak, serta suami dan istri. Masing-masing hubungan memiliki karakteristik individual dan kepribadian yang dapat menjadi faktor pembangun dari keluarga tersebut.

Tak jarang juga terjadi konflik dalam keluarga, seperti adanya ketegangan antara orangtua dan anak, antar saudara, suami dan istri, dan sebagainya. Sebuah keluarga dikatakan sehat jika dapat mengatasi masalah atau konflik tersebut serta menjaga hubungan yang sehat antar anggota keluarga. Hal yang terpenting, terutama bagi orangtua adalah bagaimana memahami karakteristik hubungan keluarga sehat agar setiap anggota keluarga merasa didukung dan tidak ada yang merasa dikucilkan.
Beberapa karakteristik keluarga sehat dipandang dari berbagai sudut adalah sebagai berikut :

Segi Fisik
Sebuah keluarga dapat dikatakan sehat secara fisik jika memenuhi kriteria berikut ini :
• Keluarga memiliki dan menggunakan air bersih di lingkungan tempat tinggalnya.
• Keluarga memiliki dan menggunakan Toilet yang bersih.
• Seluruh anggota keluarga tidak merokok dan menggunakan zat aditif lainnya.
• Keluarga memastikan setiap anggota keluarganya cukup gizi.
• Keluarga memiliki dan menggunakan Alokasi Dana untuk pemeliharaan kesehatan.

Segi Mental dan Sosial
Sebuah keluarga yang sehat umumnya juga harus bisa menjaga dan mengembangkan kesehatan mental setiap anggota keluarganya, serta menjaga agar proses sosialisasi tetap terlaksana dengan baik. http://alatperagakesehatan.net/phantom-kedokteran-dan-keperawatan/  Beberapa faktor yang dapat menjadi indikator keberhasilannya adalah sebagai berikut :

Waktu keluarga (family time).Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah ibarat memperkokoh sebuah bangunan dasar ikatan keluarga. Keluarga yang sehat biasanya berbagi waktu dan berkumpul saat makan dan bersantai. Perbandingan waktu keluarga dan waktu pribadi yang seimbang dapat menjadi kunci utama untuk membentuk keluarga yang sehat.

Komunikasi. Menghabiskan waktu dengan keluarga adalah salah satu cara untuk menjaga komunikasi agar tetap terjalin baik antar anggota keluarga. Komunikasi ini biasanya terjalin saat berada di meja makan, menonton TV, lari pagi bersama, dan berbagai aktifitas yang dapat mendukung komunikasi. Kelancaran komunikasi dalam keluarga juga mampu mencairkan suasana yang kaku, sehingga setiap anggota keluarga tidak akan merasa takut untuk mengekspresikan suatu emosi, ketakutan, dan kekhawatirannya akan hal lain pada keluarga.

Kepercayaan. Rasa saling percaya akan otomatis tumbuh dalam jiwa setiap anggota keluarga yang sehat. Namun terkadang orangtua cenderung memunculkan sikap yang overprotective terhadap anak meraka dengan alasan ingin terus menjaga mereka dari hal buruk yang mungkin terjadi. Padahal seharusnya orangtua dapat mulai memberikan kepercayaan anak-anak mereka untuk sesekali membuat keputusan yang tepat berdasarkan nilai-nilai baik yang sudah ditanamkan oleh keluarga.


Saling Memahami Kebutuhan masing-masing. Setiap anggota keluarga memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda. Dalam keluarga yang sehat, sudah selayaknya untuk saling memberi dukungan dan saling membantu ketika salah satu anggota keluarga mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya, bukannya malah mengucilkan dan saling bersaing.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makanan Sehat Keluarga"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top